Sensus Pertanian 2023, Jawab Isu Strategis Urban Farming dan Petani Milenial

- Selasa, 16 Mei 2023 | 17:47 WIB
BPS Prop NTT
BPS Prop NTT

NTTHits.com, Kupang - Sensus Pertanian (ST 2023) akan segera dilaksanakan pada 1 Juni - 31 Juli 2023, di 22 kabupaten/kota se Nusa Tenggara Timur (NTT), hasil data sensus akan menjadi data pokok pertanian nasional dilengkapi data, yang dapat menjawab isu strategis terkini di sektor pertanian, seperti Urban Farming atau perkebunan perkotaan, perhutanan sosial dan petani milenial.

Selain itu, data Sensus Pertanian 2023 juga akan menghasilkan data jumlah petani Gurem atau petani kecil yang memiliki lahan kurang dari 0,25 ha, petani skala kecil sesuai standar Food and Agriculture Organization (FAO).

Baca Juga: Partai Demokrat Nagekeo Daftarkan 25 Bacaleg Ke KPUD Nagekeo

"Proses pengumpulan data ini secara serentak akan laksanakan selama 2 bulan terhitung 1 Juni-31 Juli 2023, dilanjutkan proses pengolahan data yang dihasilkan sebagai data pokok pertanian nasional,"kata Kepala Bagian Umum BPS NTT, Adi Manafe, dalam sosialisasi Sensus Pertanian 2023, Selasa, 16 Mei 2023. 

Menurut dia, Sensus Pertanian 2023, dirancang agar hasil yang diperoleh berstandar international yang mengacu pada program FAO, atau juga World Programme for the Census of Agriculture (WCA).

Baca Juga: Triwulan I 2023, Ekonomi NTT Tumbuh 3,73 Persen

Dan juga sesuai undang - undang (uu) RI nomor 16 tahun 1997 tentang statistik, penyelenggaraan sensus dilakukan tiap 10 tahun sekali, termasuk sensus pertanian pada tiap tahun yang berakhiran angka tiga.

Sensus Pertanian 2023, merupakan kegiatan pengumpulan data pertanian yang mencakup 7 sub sektor yakni tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan dan jasa pertanian.

Baca Juga: Pemberhentian Izhak Rihi sebagai Dirut Bank NTT Langgar UU Perseroan Terbatas

"Sensus Pertanian 2023 harus dapat menjawab kebutuhan data tersebut baik dilevel nasional maupun level global,"tambah Adi.

Sensus Pertanian 2023, mencatat pertanian Indonesia secara keseluruhan guna kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani, dengan menyediakan data struktur pertanian, terutama untuk unit-unit administrasi terkecil.

Baca Juga: Oktobius Wiritana Ringu Satu-satunya Bacaleg DPR RI Partai Gerindra asal Pulau Sumba

Menyediakan data yang dapat digunakan sebagai tolak ukur statistik pertanian saat ini dan menyediakan kerangka sampel untuk survei pertanian lanjutan. (*)

 

Halaman:

Editor: Lidya Radja

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X